Jenis Tanaman Anggur Yang Dibudidayakan Di Indonesia

Jenis Tanaman Anggur Yang Dibudidayakan Di Indonesia - Hallo sahabat How to Plant Vegetable, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jenis Tanaman Anggur Yang Dibudidayakan Di Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Jenis Anggur yang ada di Indonesia, Artikel Perbedaan antara Vinifera dan Labrusca, Artikel Spesies Tanaman Anggur, Artikel Tipe Anggur, Artikel Vitis Labrusca, Artikel Vitis Vinifera, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jenis Tanaman Anggur Yang Dibudidayakan Di Indonesia
link : Jenis Tanaman Anggur Yang Dibudidayakan Di Indonesia

Baca juga


Jenis Tanaman Anggur Yang Dibudidayakan Di Indonesia



Budidaya anggur di Indonesia bukan lagi hal baru, sudah banyak penanam anggur yang terdapat di Indonesia, dengan sentra produksi seperti Bali, Probolinggo serta Malang dan beberapa daerah lainnya.
                                                                                               
Tanaman anggur yang telah mulai berbuah, Maluku, Indonesia.

Banyak petani anggur atau nama lainnya viticulturis, yang telah lama menanam dan memelihara anggur, menjadi tanaman penghasil pendapatan utama, seperti di Bali.
Banyak juga yang menanam anggur untuk dijadikan tanaman hias oleh para penghobi tanaman hias yang dianggap eksotis ini, atau hanya dijadikan tanaman peneduh.

Tetapi banyak juga dari mereka yang belum tahu, tipe anggur yang ada dan dibudidayakan di Indonesia. Yang mereka tahu pada umumnya cuma tanaman anggur pada umumnya,
Padahal terdapat dua spesies utama dan hibridanya, yaitu Vitis vinifera dan Vitis Labrusca, yang biasa dibudidayakan.

Vitis vinifera, merupakan spesies anggur yang digunakan untuk pembuatan wine, anggur spesies ini berasal dari sekitar laut Kaspia, Asia Tengah, dan lambat laun dibawa ke Eropa, terutama di Perancis, digunakan untuk membuat wine, maka anggur ini mempunyai nama lain, yaitu anggur Eropa. Dan juga  dibudidayakan untuk anggur meja untuk kebutuhan buah-buahan segar.

Vitis labrusca, pertama kali ditemukan oleh para pendatang dari Eropa untuk kolonisasi benua Amerika. Ditemukan di sekitar pantai timur Amerika Serikat, anggur ini dinamakan anggur Amerika. Dibudidayakan oleh para koloni untuk kebutuhan buah segar, dan digunakan untuk membuat wine dan selai. Wine dari anggur ini dianggap berkualitas rendah, dikarenakan terdapat aroma foxy atau seperti ada aroma tanah pada wine yang dibuat menggunakan anggur ini.

Dalam artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai perbedaan masing-masing spesies, serta kelebihan dan kekurangannya.
                                                                                
Daun Vitis labrusca(kiri), lebih tebal dan kasar dibandingkan dengan daun Vitis vinifera(kanan). Selain itu rata – rata ukuran daun anggur Amerika lebih besar dibandingkan anggur Eropa.

                                                                              
Permukaan bagian bawah daun Vitis labrusca(kiri), mempunyai bulu halus dan kasar, sedangkan pada Vitis vinifera(kanan), tidak terdapatnya bulu halus dan licin.
                                                                              
Warna pucuk dari Vitis labrusca(kiri), berwarna hijau dan kepucatan, sedangkan Vitis vinifera(kanan), mempunyai warna pucuk merah kecokelatan, segar, serta mengkilap.
 

                                                                             
Tangkai bunga atau pedicel, pada Vitis labrusca(kiri), biasanya hanya terdiri dari 1 butir buah, sedangkan pedicel pada Vitis vinifera(kanan), terdiri dari beberapa butir buah.

                                                                              
Batang utama atau trunk pada Vitis labrusca(kiri), mempunyai ruas yang rata - rata lebih panjang jika dibandingkan dengan Vitis vinifera(kanan).

Selain ciri-ciri fisik di atas, beberapa sifat utama lainnya sebagai berikut

Vitis labrusca, memiliki sifat, kadar gula rata-rata lebiih rendah, rasa agak masam, jika buah dipencet kulit akan terpisah dari pulp-nya, maka dari itu julukan lain untuk anggur ini adalah, slip skin grape, sifat lainnya, yaitu tanaman anggur ini lebih tahan terhadap iklim yang lembab, tahan akan penyakit, tahan terhadap hama phylloxera, pertumbuhan vigor dan cepat, maka dari itu tanaman anggur ini biasanya dijadikan batang bawah atau rootstock untuk anggur Eropa.

Vitis vinifera, memiliki sifat, kadar gula tinggi, buah manis, kulit buah sukar untuk dipisahkan dari pulp-nya, rasa buah lebih aromatik, tidak tahan dengan iklim yang lembab, rentan terhadap penyakit, sangat rentan terhadap kutu phylloxera, pertumbuhan agak lambat.

Jadi, apakah tipe anggur yang anda miliki ???....


Mohon like-nya...


Demikianlah Artikel Jenis Tanaman Anggur Yang Dibudidayakan Di Indonesia

Sekianlah artikel Jenis Tanaman Anggur Yang Dibudidayakan Di Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jenis Tanaman Anggur Yang Dibudidayakan Di Indonesia dengan alamat link https://howtoplanvegetable.blogspot.com/2016/09/jenis-tanaman-anggur-yang-dibudidayakan.html

Belum ada Komentar untuk "Jenis Tanaman Anggur Yang Dibudidayakan Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel